Thursday, April 3, 2014

Selera Ikan Bakar Seafood Genteng Besar

Review makanan seafood ala PKL yuk! Baru sadar kalau belum pernah posting tentang seafood nih ~

Cerita bentar ya. Masalah seafood ala PKL, saya langganan makan di Sari Laut Cak Rejo. Awalnya Cak Rejo ini jualan di depan makam Semolowaru persis, tapi sekarang tempatnya pindah di ruko deket ITATS.
Dulu, kalau lagi jam makan malam, depan makam Semolowaru itu mesti macet. Ya gara-gara Sari Laut Cak Rejo ini, parkirnya emang cuma dikit jadinya sering kewalahan deh tukang parkirnya.

Berhubung udah sering banget menjurus ke bosen buat makan di Cak Rejo, saya tanya sama teman dimana seafood murah yang recommended lainnya di Surabaya. Tercetuslah seafood ala PKL di daerah Pasar Genteng yang katanya enak itu.

Sekitar jam 7an malem sampai sana. Beeeeh, rame banget banget banget. Ya cuma tenda biasa memanjang gitu. Meja kursinya banyak dan semua saat itu fuuuuull, dipenuhi dengan pegawai kantoran yang dateng rombongan ma temen-temennya. Pertanda baik!!!

Datengin tempat makan yang rame itu artinya sebenernya cuma dua sih :
• Pertama, karena emang makanannya enak.
• Kedua, makanannya ga enak tapi bisa rame.

Nah kalo tipe kedua ini bisa bikin muncul tanda tanya besar di kepala ??? Kok bisa ya ???

Baiklah, balik ke yang mau saya ulas. Tulisan di tendanya sih Selera Ikan Bakar Seafood dengan berbagai gambar ikan khas Sari Laut PKL.

Tempatnya sebelah kiri jalan bersebelahan dengan PKL Chinese Food. Tendanya di dekat ujung jalan Tunjungan, ga sampe jauh ke arah Ondomohen kok.

Begitu duduk, mulai nih tercium aroma-aroma amis khas ikan. Kadang baunya kecium kuat banget, kadang ilang mungkin tergantung tiupan angin. Habis dapet kursi, bingung lah ini gimana ya pesennya? Mana di meja saya ga ada lembar menunya.

Lihat sekeliling, eh alhamdulillah mata menemukan lembar menu warna oren yang pas itu lagi ada di meja pojok deket pintu masuk. Mas-masnya ga ada yang ngereken, akhirnya saya jalan ambil menunya sendiri --"


Saat itu saya datang hanya berdua dan berakhir dengan memesan nasi putih, teh manis panas, cah kangkung, cumi goreng mentega dan udang asam manis.

Tik tok tik tok. Rasanya waktu berjalan begitu lambat.

Sebenarnya saya udah ilang feeling sama tempat ini pertama gara-gara kecium aroma tidak sedap dan kedua saya (hampir) njelungup gara-gara salah satu kaki kursi plastik yang saya duduki ternyata rusak.

Mendingan periksa dulu deh kursinya soalnya ada pengunjung yang jatuh juga. Malangnya, bapak ini bener-bener jatuh kejengkang ke bawah. Sampe diliatin orang-orang dan mas-mas yang jualan tidak ada satupun yang meminta maaf! Parah!

Sudah menunggu hampir 45 menit. Barulah makanan datang. Oya tiap pengunjung pasti dikasih dua macam sambal ini meskipun tidak pesan ikan bakar atau ikan goreng.

Ini nih penampakannya :

Sambel Biasa
Sambel Pencit
Woooaaa!! Ini sambelnya juara banget!! Uenak. Sambel dengan kucrutan jeruk emang dimana-mana kayaknya enak deh.... Favorit ini maaah toooop!!!

Udang Saus Asam Manis
Udang asam manisnya enak. Trus ukuran udangnya itu gede-gede bangeeet! Sayangnya saya lupa waktu itu request biar kulit kepala dan ekornya dihilangkan saja. Alamat pas makan rempong dulu ngulitin udangnya nih. Porsinya juga gede kok. Sausnya manis dan legit sekali, sepertinya diberi tauco juga deh. Saya kasih nilai 4 dari 5 kalo ini! Rasa asam manisnya bersaing lawan Cak Rejo.

Cumi Saus Mentega
Nah kalo cumi, potongannya gede-gede menggoda terus gendut-gendut gitu. Tapi, saus menteganya asli ga recommended banget. Udah gitu ngasih sausnya irit banget pula.

Mungkin lebih mending disana pesennya masak saus asam manis aja. Jangan saus mentega! Atau paling aman pesen cumi goreng tepung aja -.-

Cah Kangkung
Cah kangkungnya... Walah-walah enakan mbak yang masak di rumah. Ga sedep blas gitu rasanya. Nanggung lah intinya. Kurang berani bumbu. Terpaksa dihabiskan karena makan ikan, ga ada sayurnya kan ga enak ya --"

Pas lagi makan, saya kepikiran kok warung ini makanannya ga spektakuler banget. Tapi kok ramenya ga wajar gini sih sampe ngantri-ngantri di luar tendanya?

Pertanyaan itu terjawab sodara-sodara! Ternyata pas bayar, saya cuma habis 47 ribu!!!!! Gimana ga hebring coba? Seporsi udang asam manis, seporsi cumi mentega, seporsi cah kangkung, empat porsi nasi putih dan dua teh manis panas CUMA habis 47 ribu -_-

Kalau saya sih masih prefer Sari Laut Cak Rejo ya daripada ini... Meskipun ukuran udang dan cuminya tidak sebesar yang di Genteng ini, tapi sausnya Cak Rejo lebih enak dan tentu saja harganya tidak semurah seafood Genteng ini...

1 comment:

Unknown said...

Hahahahaha iya donk aku jg kaget makan ber3 , 1 kepiting, 1 cumi, 1 kerang, 1 ikan bubara, 6 nasi, es teh 3, cuma 99rb.. harga cm 99rb itu sweet dessertnya ya hahhaha .
Emg bener rasa yg saos mentega krg enak, msh enakan yg asam manis. Tp buat pecinta seafood yg duitnya lg cekak, tempat ini not bad lah utk dicoba..hahhaha