Saturday, February 1, 2014

Waroeng SS Spesial Sambal

Bagi Anda penikmat masakan pedas, hukumnya wajib untuk mengunjungi Waroeng Spesial Sambal SS yang terletak di Jl. Merapi No. 12-14 Surabaya ini. Namanya juga warung spesial sambal jadi jangan heran kalau di menu, varian sambal lebih banyak daripada lauknya.

Waroeng SS Spesial Sambal
Waroeng SS telah banyak membuka cabang di beberapa kota yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Surabaya, Malang, Ungaran, Yogyakarta, Jakarta, Purwokerto, Solo, Sleman, Depok, Semarang, Madiun, Tegal, Kediri, dll. Meskipun diberi nama Waroeng SS, tapi sebenarnya bentuknya tidak seperti warung pinggir jalan yang kotor, sempit dan amigos (agak minggir got sedikit). Disini tempatnya luas, pengunjung juga bisa memilih ingin lesehan atau duduk di kursi.

Suasana Lesehan
Dua kali saya kesini, dua kali pula saya harus menunggu di luar terlebih dulu untuk antri mendapatkan meja. Ramai sekali culinary seekers! Padahal saat itu saya datang sekitar pukul setengah 9 malam, tapi meja masih full. Pihak Waroeng SS sepertinya sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, terbukti saat saya menunggu, saya disodori selembar menu sehingga masakan bisa langsung dimasak tanpa menunggu saya mendapatkan meja dulu.

Menu 1
Menu 2
Menu 3
Menu 4
Karena saya kurang suka duduk lesehan, saya pun memilih untuk duduk di kursi dekat jendela. Rupanya tempat ini merupakan salah satu spot terbaik karena semilir angin malam dapat membantu menyejukkan badan yang (nantinya) basah oleh keringat. Saat itu saya memesan sambal gobal gabul, sambal bawang, sambal cumi, sapi goreng, ampela ati goreng, dan cah jamur.

Makan Bergaransi
Agak lumayan lama menunggu pesanan datang, kurang lebih 30 menit. Tapi tidak masalah karena langsung datang lengkap beserta nasi dan minumnya. Kan berabe juga ya kalo minumnya datang terakhir. Melihat banyaknya pengunjung yang memenuhi setiap sudut ruangan dan pelayan yang hilir mudik sibuk kesana kemari, saya rasa wajar jika pesanan datang agak lama.

Sapi Goreng
Sapi goreng. Ketika membacanya di daftar menu kok saya merasa aneh karena yang langsung terbayang adalah seekor sapi yang digoreng di sebuah wajan super besar dengan ratusan liter minyak goreng. Tapi aslinya ini tuh empal goreng rasa dendeng. Dagingnya tebal, empuk dan manis sekali. Agak merusak rasa sambalnya sebenarnya. Karena ketika dimakan dengan sambal, rasa manis dari si empal bukannya kalah, tapi malah pedasnya sambal yang kalah -____-

Ati Ampela Goreng
Ampela ati goreng. Enak kok. Empuk. Gurih. Potongannya besar. Ketambahan jantung juga. Hehe jadi buat pecinta jerohan seperti saya sih rasanya surga ya makan beginian. Apalagi dimakan sama sambal Oya disini tuh lauk-lauknya disajikan di cobek, bukan di piring. Bayangin aja ya berarti berapa ratus cobek yang tersedia di Waroeng SS ini.

Sambal Gobal Gabul
Sambal gobal-gabul. Namanya nyeleneh bin ajaib. Di menu tidak ada penjelasan gobal-gabul itu apa. Karena penasaran saya mencoba memesannya dan ternyata sambal gobal-gabul itu adalah sambal aneka rasa yang ditata di dalam satu cobek. Jadi sambalnya beda-beda gitu warnanya. Ada sambal yang isinya ati, ada sambal dengan isian teri, dll. Ada sekitar 3-4 varian sambal. Rasanya campur-campur karena tiap sambal mempunyai cita rasa yang berbeda.

Cah Jamur
Cah jamur. Masakan ini berguna untuk menetralisir lidah yang terbakar karena pedasnya sambal. Tapi rasanya biasa saja. Rasanya cenderung asin. Ketika kedatangan saya pertama kali, saya pesan jamur goreng dan itu rasanya lebih enak dibanding cah jamur ini. Sayangnya saya tidak memotretnya.

Sambal Cumi
Sambal cumi!!!!! Ini menu favorit saya. Asli enak, pedes buanget. Jadi cuminya langsung dimasak campur sama sambal. Sambalnya berkuah gitu. Enaaaaak puooool. Cuminya kecil-kecil, ya wajar sih dengan harga 4 ribu rupiah bisa dapat cumi.

Sambal Bawang
Sambal bawang. Lumayan enak kok. Tapi tetep yang paling enak menurut saya ya si sambal cumi.

Yang paling menyenangkan makan disini itu adalah gratis tambah nasi. Jadi nasi disini dihitung per kepala. Jangan ragu-ragu untuk nambah nasi yaa wahai kaum Adam :D

3 comments:

Unknown said...

seneng bacanya. lengkap banget sampe menu-menunya di foto hahaha :3 nice banget!

L I U S said...

Tq sekali info nya seeker!

Unknown said...

membantu banget dah hahaha...
jadi bisa ngira2 mau beli apa aja ...


postwalking >> rutesurga.blogspot.com