Friday, July 11, 2014

Bakso So'un dan Mie Ayam Majapahit

Tiga kali kunjungan kesini, tapi baru yang terakhir ini nih aku sempat motret-motret. Soalnya dua kunjungan sebelumnya, aku lupa ga bawa kamera. Mie ayam Majapahit ini letaknya ya jelas di Jalan Majapahit. Gang di antara McD Darmo sama Sekolah Santa Maria ituuu. Tau kan?



Nah masuk aja ke gang itu, ga begitu jauh dari McD sebelah kiri jalan. Ada sebuah tempat makan yang rameeeee’ banget kalo waktunya makan siang. Apalagi ketambahan pas buyaran sekolah Sanmar. Byuh byuh kuatin aja deh cari parkirnya. Kalo cari tempat duduk sih gampang, jangan kuatir kehabisan, soalnya tempatnya luas trus kursinya banyak kok.

Tempat ini namanya Bakso So’un dan Mie Ayam Majapahit. Plang namanya kecil. Jadi jangan sampe kebablasan ya pas nyari. Bangunan depannya sekilas mirip Joglo khas rumah-rumah di Jawa Tengah. Artistik lah.

Bagian halaman depan, diperuntukkan untuk dapur. Pengunjung yang masuk bisa melihat proses memasak menu-menu disini. Mas-mas yang melayani pake semacam ikat kepala dan menggunakan bahasa Jawa alus ketika berbicara.



Mirip apa hayo? Yap! Mirip Bakmi Jogja Trunojoyo.

Karna namanya Bakso So’un dan Mie Ayam Majapahit, kalian jangan cari nasi goreng kemari. Yang dijual ya cuma dua. Bakso sama mie ayam. Bisa divariasikan sendiri sesuai keinginan... Mau extra sayur, extra soun, extra tetelan, extra tahu, extra kuah juga bisaaaa. Tapi bayar loh! SEMUANYA BAYAR. GA ADA YANG GRATIS DI DUNIA INI HAHAHAHA. Bahkan nambah kuah ma sayur pun nambah harga 2500-1500an. Parah!!

Ini menunya:



Nih intipin penampakan mie ayamnya:



Sedangkan ini baksonya:


Dan ini yang namanya tetelan:


Untuk minumannya, disini yang khas namanya ES DP dan ES DK. Karena selalu dipesan lebih meyakinkan daripada selalu dikenang, maka aku waktu itu pesen ES DP warna putih. Disingkat ES DPP heuehehe.

Beginilah wujudnya:





Itu yang warna pink namanya ES DPM. Trus yang ijo namanya ES DPH. Trus gorengan kotak itu namanya pangsit datar.

Oya, sambel disini juga sampe dibedain loh antara sambel mie ayam dan sambel bakso. Ga tau deh bedanya apaan. Cuma kok ya mau-maunya kita nurut dengan ambil yang sesuai nama wkwk.



Ini yang aku bilang tadi kalo dapurnya letaknya di depan.


Overall, dari bakso sama mie ayamnya sih sebenernya rasanya tidak terlalu spesial. Baksonya menurutku lebih juara bakso pak no purwodadi dekat makam mbah ratu, bakso pratama dukuh kupang, atau bakso pak jan jalan nias. Sedangkan mie ayamnya porsinya kecil, kuahnya cenderung berminyak. Enak sih, cuma ya itu tadi ngga spesial-spesial amat.




2 comments:

Dicky Juan I P said...

Mungkin menurut admin, rasanya kurang spesial karena tidak sesuai sama lidah orang Surabaya.

Menurut saya Bakso Soun Mojopahit ini khasnya Bakso Jawa Tengahan.

Cita rasanya berbeda dengan bakso-bakso yang ada di Jawa Timur.

Overall, info yg bagus! :)

Unknown said...

Mie ayamnya enak banget sesuai dgn lidah saya yg gak doyan pedes