Wednesday, October 29, 2014

Churros La Fonda

Churros rupa-rupanya lagi menjamur nih di Surabaya. Benernya churros itu apaan sih? Dikutip dari wikipedia.org, berikut adalah penjelasan singkatnya:

“ A churro, sometimes referred to as a Spanish dougnut is a fried-dough pastry – predominantly choux – based snack. Churros are popular in Spain, France, Philippines, Portugal, Ibero-America and the United States. In Spain, churros can either be thin (and sometimes knotted) or long and thick (porra). They are normally eaten for breakfast dipped in hot chocolate or cafe con leche.”



Di negara asalnya, churros biasanya dimakan saat sarapan dengan ditemani secangkir coklat panas. Tapi di sini, churros disajikan beserta dipping sauce aneka rasa. Ada dark & white coklat, strawberry, blueberry, dan dulce de leche. Bentuk churros macem-macem sih ada yang panjang, pendek, bentuk hati juga ada.


Sabtu lalu, saat main di Suroboyo Carnival Night Market, aku menemukan satu-satunya penjual churros di area tersebut. Namanya Churros La Fonda, sebelum masuk Surabaya Churros La Fonda sudah terkenal lebih dulu di Bali (Cabangnya ada di BeachWalk).


Di SCNM, Churros La Fonda ini tempatnya ada di depan Cinema 4D, bersebelahan dengan stand penjual makanan lain seperti Kebab Turki Kings dan Pukis Banyumas. Ga seperti penjual makanan kebanyakan yang mendesign gerobaknya bentuk kotak, Churros La Fonda menghadirkan maskotnya! Yakni... Bajaj! Yup, goreng adonan, guling-gulingin churros yang udah mateng di atas gula, semuanya dilakukan di atas bajaj. Tapi udah dimodifikasi loh ya bajajnya hehe...


Harga seporsinya 18 ribu, dengan isi 6 buah churros. Kita bisa milih gulanya mau apa, ada 3 sih seingetku.. Gula putih bubuk, gula pasir sama apa ya satunya lupa wkwk Aku sih waktu itu milih yang pake gula putih + dipping sauce dark chocolate.



Soal rasa? Berhubung baru pertama nyobain, menurutku sih rasanya lumayan enak. Aku suka hehehe... Apalagi kalau langsung dimakan, masih panas, manisnya pas (bisa request mau gula banyak atau sedang), kriuk dikit pas digigit tapi pas dikunyah keluar tekstur aslinya yang mirip sama donat.



FYI, Churros La Fonda juga barusan buka cabang lho di Tunjungan Plaza, selantai sama Marugame Udon. Buat yang pengen stalking IGnya ada di @churroslafonda.

4 comments:

Rizqy Shewhite said...

Mantab jiwa melegenda gan - Rawon setan - Rantinem

MakananEnakDimedan said...
This comment has been removed by the author.
MakananEnakDimedan said...
This comment has been removed by the author.
MakananEnakDimedan said...
This comment has been removed by the author.