Monday, November 3, 2014

Cakue Peneleh

Sebagai warga Surabaya yang sangat sangat jarang berkunjung ke Pasar Atom, aku merasa hidup ini ada yang kurang. *lebayyy* Bukan tanpa alasan sih sebenernya, karena jaraknya yang juwawuh dari rumahku lah yang menjadikan daku ini malas untuk sekedar berbelanja atau kulineran kesana.

Padahal ya, Pasar Atom bisa dibilang salah satu surganya belanja dan kuliner di Surabaya. Mau baju model apa aja ada pasti disana, sepatu, kain, sprei, pernak pernik, DVD, apalagi makanan. Ckckckckck. Andai Pasar Atom sebelah rumah......

Salah satu makanan atau yaah bisa dibilang saja dengan cemilan, yang dari duluuuu sampai sekarang masih nge-heitz adalah Cakue Peneleh. Adanya di Pasar Atom, kurang tau juga sih selain di tempat ini dia buka cabang dimana lagi.


Apasih cakue?


Menurut Wikipedia, berikut adalah asal usul dari cakue :

Youtiao, also known as the Chinese cruller, Chinese oil stick, Chinese doughnut and fried breadstick is a long golden-brown deep-fried strip of dough eaten in China and in other East and Southeast Asian cuisines. Conventionally youtiao are lightly salted and made so they can be torn lengthwise in two. Youtiao are normally eaten at breakfast as an accompaniment for rice congee or soy milk."


Nah, pucuk dicinta ulam pun tiba dong. Meskipun ga harus beli langsung kesana, ternyata ada yang beliin. Huehehehehe. Tidak lain dan tidak bukan adalah tanteku yang hampir tiap istirahat kantor pas hari Jumat nyasarnya selalu ke Pasar Atom. Hamdalaaaah...

Sesampainya si Cakue ini di rumah, ya yang jelas udah ga panas.... *krik*


Padahal apalah arti cakue kalo ga dimakan pas panas-panas....

Baiklah, yang penting diincip dulu baru komentar. Oya, cakue akan terasa lebih lengkap jika sebelum dimakan, dicocolkan ke saus sambal ini. Ngga pedes sih, rasanya emang nanggung antara mau ke manis, pedas atau kecut... (?)


Tapi jangan salah deh, meskipun rasa sausnya nano-nano tapi si cakuenya sendiri enak lho. Kan ini yang dibeli tanteku, cakue ayam udang. Jadi ya pasti rasanya bakal lebih enak lah. Hahahaha... Wong cakue original aja aku suka. Apalagi ini dikasih udang. Basicnya cakue itu kan emang asin, gurih, sedikit berminyak. 


Dan jujur sih menurutku ini cakue pasti bakal lebih nikmat jika dimakan selagi hangat!

Lokasi Cakue Peneleh ini ada di :

Pasar Atom Mall Lantai Dasar
Jalan Bunguran No. 45, Surabaya Utara
Telp: 031-70991778 / 031-3534488

1 comment:

Unknown said...

Hi admin, saya Melissa dari Harian Kompas.. saya mau kasih penawaran nih.. apa ada cp yang bisa dihubungi ya? Terima kasih

melissa.sancaka@ymail.com