Thursday, November 13, 2014

Bubur Ayam Elisabet Koe

Salah satu alternatif mengisi kegabutan di Minggu pagi selain olahraga adalah.... *jengjengjeng* berburu bubur ayaaaam!!! Seperti yang kita ketahui bersama, meskipun bubur ayam ini dijual di Surabaya, tapi tetep aja dikasih judulnya “Bubur Ayam Jakarta” atau “Bubur Ayam Bandung” bisa juga “Bubur Ayam Cirebon”. Jarang deh penjual bubur ayam di Surabaya namain buburnya pake nama “Bubur Ayam Surabaya XXX”.

Kali ini, aku menuju ke Jalan Imam Bonjol. Konon katanya disana ada penjual bubur ayam yang lumayan terkenal, namanya Bubur Ayam Jakarta Elisabet Koe. Gampangnya, masuk aja ke Jalan Dr. Soetomo, nah cari NAV Karaoke yang terletak di pojokan gang. Masuk ke gang itu dan mulailah toleh kiri-kanan karena letak bubur ayamnya tidak jauh dari pojokan NAV Karaoke.



Waktu aku kesana, yah sekitar pukul setengah 8an lah, udah lumayan banyak mobil-mobil berjajar di gang itu. Dan ternyata nih si empunya mobil pada ngantre beli bubur... Mendadak aku hopeless ngeliat banyaknya orang berjubel di deket gerobak bubur :’) *kesiangan nih batinku*

Tapi jauh-jauh dari rumah, kalo ga ikutan ngantre juga percuma dong. Maka, ikutlah aku nyempil di tengah-tengah kerumunan. Setelah aku perhatiin nih, emang kebanyakan yang beli tuh pada bungkus buburnya atau makan disitu tapi mangkok buburnya dibawa kabur buat dimakan di mobil masing-masing. Ga heran sih kalo banyak yang kayak gitu, soalnya meja dan kursinya tuh dikit banget... Seingatku cuma ada 2 meja yang tidak terlalu panjang yang mungkin hanya bisa menampung 6 orang untuk 1 meja.

Setelah memesan dan dengan sabar menunggu pengunjung lain selesai makan (yang langsung buru-buru aku jip) maka aku pun duduk santai... Ungkep juga ternyata karena atasnya tuh ditutupin terpal yang dipasang sangat rendah sehingga harus agak menunduk ketika tadi masuk.

Okayyy... Stop mengomentari tempatnya...


Bubur yang kunantikan pun datang. Porsinya tidak terlalu besar, pas untuk ukuran wanita yang ingin diet sepertiku. Krupuk dan melinjo disajikan terpisah di piring plastik kecil. Buburnya cukup lembut, tapi juga tidak terlalu berair, teksturnya bagus. Cakue dan ayam diberikan secara loyal, bisa dilihat suwiran ayamnya gede-gede begitu juga potongan cakuenya.

Yang jadi masalah adalah, ketika aku makan buburnya langsung sebelum aku campur apa-apa, kok aku merasa ini bubur agak keasinan yah -_- Padahal standar asinku udah melebihi batas kalo kata orang rumah. Wkwkwkwk. Yah berhubung menurutku ngasih kecap asinnya kebanyakan, mau tidak mau rasanya kudu diedit nih pake sambel dan kecap manis yang disediakan.



Btw aku lupa harganya berapa. Tapi seingatku harganya cukup bersaing kok dengan bubur ayam sejenis yang banyak dijual di Surabaya. Dan yaaah honestly, ini tidak masuk kategori bubur ayam favoritku :’(

No comments: