Wednesday, August 6, 2014

Nasi Bakar Super YAP

Rutinitas tiap Minggu pagi yang lumayan sering aku lakuin bareng keluarga adalah.... cari sarapaaaaaaan!!! Hahahaha. Bukannya olahraga dulu subuh-subuh, tapi bangun bangkong langsung laper kepikiran sarapan dimana yaaa hmmm.

Kalo udah kayak gini, yang kepikiran tuh cuma 1 tempat. Masjid Agung!!!

Berhubung aku niatan dari rumah itu cari nasi bakar, maka menujulah aku ke jalan kembar Gayungsari. Disana berjejer banyak sekali makanan yang dijajakan di mobil-mobil. Tau kan ya yang kumaksud. Bagasi mobil biasanya dibuka dan dialihfungsikan sebagai tempat baskom-baskom berisi lauk.

Sayangnya, nasi bakar langgananku, Nasi Bakar Bapontar, hari itu sedang ngga jual. Jadinya aku menyusuri dari ujung ke ujung jalan kembar Gayungsari dan menemukan sebuah mobil penjual nasi bakar. Namanya...



Yang jualan 1 orang aja, bapak-bapak dan sudah cukup tua. Tapi orangnya sabar banget (keliatan dari mukanya). Dia bilang, nasi bakarnya tinggal sisa yang tuna aja. Udang sama ayamnya abis. Oke deh, gapapa soalnya emang aku sukanya tuna. Kalo di Bapontar, ada varian nasi bakar satu lagi, isi jamur.


Setelah mesen, bapaknya kemudian sibuk "membakar" nasi bakar ini di atas sebuah lempengan (yang difungsikan sebagai wajan) yang sebelumnya udah diolesin sama mentega.


Setelah daun pisangnya semi-semi gosong, barulah bungkusan nasi bakar itu diangkat. 



Ketika bungkusan itu dibuka, inilah yang tampak. Wohooooo! Banyak banget suwiran daging tunanya. Aheyyyy! Baunya pun enak nih.


Kalo makan nasi bakar tuh ya ada baiknya kalo langsung dicampur deh. Soalnya di bagian dasar nasinya itu ada sayur singkong dan sedikit sambal. Jadi lebih enak kalo diurap biar rasanya nge-blend. 


Well, ada beberapa perbedaan yang aku temukan. Antara lain, kalo Bapontar ngolesin daun pisangnya pake minyak dan kadang terlalu over ngasihnya. Jadi pas dimasukin kresek tuh bakalan "klomoh" minyak kreseknya dan pengaruh ke tangan pas ngambil bungkusannya. Kalo YAP ini, cuma diolesin butter dan itupun sedikit jadi ngga bikin daun pisangnya terlalu berminyak.

Kedua, YAP memberikan tuna dan sayur singkong dengan lebih murah hati dibandingkan Bapontar. Tapiiii. harganya juga beda, selisih 2 ribu. YAP ini 10 ribuan, kalo Bapontar 8 ribu (update terakhir beberapa bulan yang lalu sih). Gatau ya kalo sekarang sama-sama 10 ribu. Hehehe.

Tapi, aku rasa sekarang kok aku lebih jatuh hati ke YAP ya? Waaaaahhhhh...

No comments: