Saturday, September 6, 2014

Bebek Palupi

Golek bebek nang Suroboyo? Wakeh. Nek jarene wong Suroboyo iku sak arat-arat (artinya banyak, dimana-mana juga ada). Toleh kiri, nemu bebek, toleh kanan ya nemu bebek. Tapi ga semuanya enak dan terkenal.

Bebek yang aku mau ulas kali ini adalah si bebek cantik asal Rungkut. Namanya Bebek Palupi. Kalo dari nama sih berarti ini bebek cewek deh, kan namanya Palupi wakakakak.




Tempatnya di dominasi warna oranye, luas, tempat duduk dan meja tersedia cukup banyak. Masalah cuma datang ketika parkir, apalagi kalau datang pas jam-jam makan. Siap-siap parkir agak jauhan deh trus baru jalan kaki. Tetangga-tetangga Bebek Palupi ini rumah-rumah warga gitu yang pastinya ga boleh diparkirin seenak jidat.



Di sini ga hanya jual bebek kok ada ayam juga, sama penyetan lele + T3 alias terong tahu tempe. Sambelnya ngga disajikan di atas cobek gitu, tapi di cepuk plastik yang biasa buat saosnya bakso. Ga bisa request mau sambel pedes atau ga, soalnya udah jadi sambelnya.

Ga afdol lah kalo ke Bebek Palupi tapi makannya ayam... atau malah nyasar ke penyetan lele, maka dari itu aku pesan bebek paha!



Pesen langsung di mas-mas yang ada di depan. Bagian goreng, nyiapin nasi, sambel dkk di depan. Di bagian belakang yang bagian ngurusin minuman.

Nunggu agak lumayan lama kalo lagi rame. Siapa yang sering protes nanyain, bakal lebih dulu dapet bebeknya. Biasanya sih gituuuu.



Bebeknya datang dengan ukuran yang cukup besar. Normalnya sih kalo mesen dada harusnya lebih besar ya daripada yang paha. Tapi aku ga suka tekstur dagingnya dada sih. Berserat gitu kan trus dia ga basah modelnya. Enakan pahaaaa.

Kenapa Palupi selalu rame? Jawabannya paling berkutat antara (1) Bebeknya empuk ; (2) Bebeknya gurih banget enak nagih ; (3) Harganya lumayan murah dibanding warung bebek lain.



Jarang sih yang komentar sambelnya enak. Soalnya rasa sambelnya emang biasa aja. Ga terlalu pedes, tapi juga ga bisa dibilang ga pedes.

Soal bebek, beuh emang bener deh ini bebek empuuuuuk banget dan kriuk. Tulang-tulang yang ngga begitu besar bisa langsung dikunyah juga. Berasa bebeknya dipresto.

Gurihnya gurih banget. Jadi kadang kalo makan tuh berasa aneh sendiri. Ini bebek bisa kayak gini diapain yah? Zzz.

Bebek Palupi emang salah satu bebek favoritku. Yang kadang kalo lagi kepengen, aku belain tuh jauh-jauh dari rumah cuma demi bebeknyaaa.

Jangan datang terlalu malem ya karna dijamin bebeknya udah ludes. Palupi buka setiap hari, sekitar pukul 9/10 pagi sampe malam tergantung habisnya kapan.

No comments: