Friday, January 3, 2014

Nasi Cumi Atom

Menurut kami, jalan-jalan keliling kota Surabaya di waktu tahun baru merupakan ide yang sangat buruk. Kemacetan terasa di seluruh kawasan Surabaya. Terjebak selama 2 jam di dalam mobil akibat kemacetan membuat perasaan kami bercampur aduk sehingga kami memutuskan untuk merayakan tahun baru dengan mendatangi salah satu wisata kuliner Surabaya yang cukup terkenal yaitu Warung Nasi Cumi-Cumi Jalan Waspada.

Warung Nasi Cumi-Cumi ini terletak di Jalan Waspada (jalan pintu masuk samping Pasar Atum Surabaya). Dahulu, kami lupa pada tahun berapa, Warung Nasi Cumi-Cumi ini hanya buka menjelang tengah malam hingga waktu subuh tiba sehingga butuh perjuangan yang lebih untuk memperoleh sepiring nasi cumi yang melegenda ini. Namun untuk saat ini, Warung Nasi Cumi-Cumi ini buka 24 jam sehingga jika lapar mulai menerjang, anda bisa datang ke sini kapan pun.

Tampilan Warung dari Seberang

Warung ini hanya dapat menampung sekitar 15 orang dengan lebih dari setengahnya makan di tempat yang beratapkan langit Surabaya. Tempatnya juga cukup bersih dan pelayanannya cepat. Untuk masalah parkir, anda dapat memakirkan kendaraan di seberang warung ini namun berhati-hatilah jika anda datang di siang hari karena tempat parkir tersebut memiliki tanda dilarang parkir. Karena hal itulah biasanya kami lebih memilih datang di malam hari daripada di waktu siang.

Pilihan Menu

Sesuai namanya, Warung Nasi Cumi-Cumi ini hanya menyediakan lauk dengan menu utama cumi-cumi. Terdapat 3 varian menu yang dapat anda pilih yaitu Nasi Biasa, Nasi Campur dan Nasi Komplit. Nasi biasa terdiri dari nasi, cumi dengan bumbu hitam, peyek udang dan mie bumbu bali. Untuk nasi campur, isinya sama dengan nasi cumi biasa namun diberi tambahan empal dan telur bulat. Jika anda penggemar jerohan, maka anda wajib memilih nasi komplit yang isinya sama seperti nasi campur dengan tambahan usus, babat dan paru.


Nasi Biasa sebelum Dicampur

Karena tertarik oleh rasa cuminya yang original, kami memesan menu nasi biasa. Yang membuat rasanya spesial adalah bumbu cuminya yang berwarna hitam. Kebanyakan cumi yang dimasak bersama tintanya memiliki rasa yang kurang sedap namun pada Warung Nasi Cumi-Cumi  ini rasanya sangat lezat. Terdapat campuran rasa manis, gurih dan asin yang dicampur secara proporsional sehingga dapat membuat anda ketagihan. Cuminya tidak terlalu alot dan sensasi kriuk-kriuk peyek udangnya menambah kenikmatannya. Rasa mie bumbu balinya juga tidak terlalu kuat sehingga saus cuminya masih terasa original.


Nasi Biasa setelah Dicampur
Harga yang ditetapkan untuk seporsi Nasi Biasa adalah Rp 10.000,00. Untuk Nasi Campur adalah Rp 15.000,00 dan Nasi Komplit adalah Rp 20.000,00. Dapat dibilang cukup fair dengan rasa cuminya yang legendaris.


Dapat kami simpulkan bahwa Warung Nasi Cumi - Cumi ini memiliki sisi positif dan negatif yaitu :

+ Rasa sedap dan susah dilupakan.
+ Tempat parkir luas.
+ Cukup bersih dan pelayanannya cepat.
+ Harga cukup fair.
- Tempat duduk sedikit.


Tips dari kami sebaiknya anda datang di saat malam sehingga anda tidak perlu merasakan panasnya Surabaya di saat menyantap hidangan cumi ini.

No comments: